Tuesday, June 30, 2009

CARREFOUR MILIK ISRAEL



Koor Industries Ltd, sebuah perusahaan BUMN Israel diberitakan akan mengakuis isi jaringan supermarket Carrefour Prancis. Koor mengumumkan rancangan itu setelah pihak pengarahnya sepakat untuk mengambilalih Carrefour Prancis awal tahun depan.

Web Bisnis.com mengulas berita di Flexnews menyebutkan, selama ini Koor Industries sudah memiliki 1,76 juta saham atau sekitar 0,25 persen kepemilikan perusahaan Carrefour Prancis, yang tercatat sebagai perusahaan retailer terbesar kedua di dunia itu. Dan Koor diberitakan akan mengeluarkan dana sekitar 886 juta dollar untuk peralihan tersebut. Koor yang dimiliki pengusaha di Israel bernama Eli Hurvitz ini, sudah membuat perjanjian prinsip dengan HSBC yang akan menambah pinjaman sebesar 300 juta euro pada perusahaan Koor untuk keperluan perpindahan itu.

Jika peralihan ini terwujud, maka di Malaysia akan beroperasi sebuah perniagaan milik Israel. Padahal Malaysia sampai sekarang ini tidak menjalin hubungan diplomasi dengan Israel dan Malaysia belum mengiktiraf kedaulatan negara Yahudi itu. Terlebih lagi, isu Israel sangat sensitif bagi Muslim Malaysia, karana penjajahan dan penindasan rezim Zionis itu terhadap bangsa Palestin.

Perusahaan Carrefour yang berdiri sejak tahun 1959 ini memiliki jaringan yang luas di berbagai negara, mulai dari Eropa, Amerika dan Asia antara lain di negara Taiwan, China, Thailand, Malaysia, Singapura dan Indonesia.

Agaknya bagaimana pendirian kerajaan Malaysia jika Israel mengambil alih kepentingan dalam Carrefour. Meungkinkah kita terpaksa mengkayakan lagi Israel dan secara tidak langsung membela mereka. Fikir-fikirkan lah..

Dari belacansedap.

No comments:

HAKCIPTA TERPELIHARA WAN2DAY 2010